Tanaman Pembersih udara dan Penangkal Polusi

1. Pinang (Chrysalidocarpus lutescens)


Juga disebut "Butterfly Palm". Tanaman ini tegak lurus yang agak berbentuk vas. Spesimen tanaman.nya dapat mencapai tinggi 10-12 kaki. Lebih menyukai daerah yang lembab untuk menghindari kerusakan ujung daun. Memerlukan pemangkasan. 


2. Palem Waregu (Rhapis excelsa)


Juga disebut "Lady Palm", ini jenis palem tahan lama. Palem waregu adalah tanaman yang paling mudah untuk tumbuh, tetapi setiap spesies tertentu memiliki persyaratan lingkungan dan budaya. "Lady Palm" tumbuh perlahan-lahan, tetapi dapat tumbuh lebih dari sampai ketinggian 14' dengan rumpun luas & sering mempunyai diameter selebar ketinggian mereka.

3. Bambu sawit (Chamaedorea seifrizii)


Juga disebut "buluh sawit", palem ini lebih suka cahaya terang tidak langsung. Tanaman baru akan kehilangan beberapa interior dedaunannya ketika mereka menyesuaikan diri dengan pengaturan ruangan. Tanaman ini suka tinggal di tempat lembab, tetapi tidak suka disiram berlebihan atau tergenang air. Tanaman ini jika disimpan di dalam ruangan dapat menarik laba-laba, namun dapat dikendalikan dengan penyemprotan larutan sabun.

4. Tanaman Karet (Ficus robusta)


Tumbuh dengan sangat baik di dalam ruangan, lebih suka pencahayaan matahari yang sedang. Hindari sinar matahari langsung, terutama di musim panas. Tanaman muda mungkin perlu ditopang dgn penahan. Tanaman ini tumbuh hingga 8 ' dengan penyebaran 5'. Pakailah sarung tangan jika ingin memangkasnya, sebab getahnya bisa membuat iritasi kulit. Airi secara menyeluruh ketika dalam pertumbuhan aktif, kemudian biarkan tanah menjadi cukup kering sebelum penyiraman lagi. 


5. Dracaena “Janet Craig” (Dracaena deremensis) 


Tanaman ini tumbuh hingga 10' dengan penyebaran 3'. Mudah tumbuh, tanaman ini sangat bagus jika diterangi sinar matahari tidak langsung. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan tingkat pencahayaan yang lebih rendah jika air berkurang. Usahakan supaya tanahnya tetap basah dan kabuti sesering mungkin dengan air hangat. Bersihkan semua daun-daun kering. Ujung daunnya akan berubah cokelat jika kurang disiram tetapi kecoklatan ini mungkin dapat dipangkas.

6.Philodendron (Philodendron sp.)


Salah satu yang paling tahan lama dari semua tanaman rumah. Philodendrons lebih memilih intensitas cahaya yang sedang namun mampu mentolerir cahaya rendah. Sinar matahari langsung akan membakar daun dan menyebabkan kekerdilan pertumbuhan tanaman. Tanah harus basah merata, tapi diperbolehkan untuk kering antara penyiraman.

7. Palm Kurma Kerdil (Phoenix roebelenii)


Tanaman yang toleran terhadap kekeringan dan berumur panjang. Tumbuhnya perlahan-lahan, mencapai ketinggian 8-10'. Tanaman ini tidak boleh ditempatkan di dekat area bermain anak-anak karena memiliki jarum tajam seperti duri di dekat pangkal batang daunnya, sehiungga dapat dengan mudah menembus kulit dan bahkan pakaian pelindung. 

8. Ficus Alii (Ficus macleilandii "Alii")


Tanaman ini yang mudah tumbuh di dalam ruangan, dan penolak serangga. Lebih menyukai lingkungan yang lembab dan cahaya rendah hingga sedang ketika tumbuh di dalam ruangan. Tanaman ini tidak boleh ditempatkan di dekat pemanas atau ventilasi udara karena ini dapat menyebabkan hilangnya daun. Tanah harus tetap basah tapi diperbolehkan untuk kering antara penyiraman. 

9. Pakis (Nephrolepis exaltata “Bostoniensis”)


Tumbuh hingga 4' di ketinggian dan menyebar sampai 5'. Telah berbulu terbaik pakisnya berbulu dan sering nampak sebagai tanaman gantung. Lebih menyukai sinar matahari langsung cerah. Jaga agar tanah basah dan semprot dengan air hangat. Tanaman ini rentan terhadap tungau laba-laba dan lalat, namun dapat dikontrol menggunakan semprotan air sabun. Periksa tanaman baru kalau -kalau ada serangga, sebelum membawa mereka pulang.

10. Peace Lily (Spathiphyllum "Mauna Loa")


tanaman yang kompak yang dapat tumbuh dengan ketinggian 3' dengan penyebaran 2'. Tanaman tidak perlu perawatan khusus. Lebih suka sinar matahari langsung dan kelembaban yang tinggi. Untuk hasil terbaik, tanaman ini harus benar-benar basah.

1 komentar:

DeathBat Armies mengatakan...
17 Maret 2011 pukul 04.51

Mohon kritik dan sarannya, ya...,,
sebelumnya, saya mengucapkan banyak terimakasih...,,

Posting Komentar